Apakah sereal bayi benar-benar makanan pertama yang terbaik untuk bayi?

Sereal beras dengan sedikit ASI, susu formula atau air adalah makanan pertama yang diberikan banyak orang tua kepada bayinya. Harganya murah, mudah dicampur dengan makanan lain, dan mudah dibawa-bawa. Juga mudah dicerna oleh bayi dan tidak menimbulkan reaksi alergi. “Bayi sudah mengonsumsi biji-bijian selama beberapa dekade dan mereka dapat ditoleransi dengan baik, itulah salah satu alasan mengapa biji-bijian merupakan makanan pertama yang baik,” kata Karen Ansel, ahli gizi diet terdaftar di Syosset, New York, dan salah satu penulis “Buku Masakan Bayi dan Balita: Makanan Segar, Buatan Sendiri untuk Awal yang Sehat.”

Sereal beras juga disebut-sebut sebagai makanan pertama yang sehat karena memberikan bayi nutrisi yang dibutuhkannya, terutama zat besi dan seng. Pada usia sekitar 6 bulan, simpanan zat besi di ASI berkurang secara alami. Ditambah lagi, ketika bayi yang mendapat ASI dan susu formula mulai mengonsumsi makanan padat, mereka akan mendapatkan lebih sedikit nutrisi tersebut dan perlu menggantinya dengan makanan padat, yang mendukung pertumbuhan cepat mereka, kata Sara Peternell, ahli terapi nutrisi utama di Denver, Colorado dan salah satu penulis “Little Foodie: Resep Makanan Bayi untuk Bayi dan Balita dengan Rasa.”

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sereal beras menjadi kurang populer.

“Apa yang kami sadari adalah bahwa biji-bijian tidak harus menjadi pilihan pertama,” kata Dr. Anthony F. Porto, ahli gastroenterologi anak bersertifikat dan asisten profesor pediatri dan kepala klinis asosiasi di Universitas Yale.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa tidak ada bukti medis bahwa mengonsumsi makanan padat dalam urutan tertentu memberikan manfaat.

“Gagasan memberi mereka sereal beras yang ‘halus’, lembut, dan terasa seperti wallpaper karena kami yakin ini lebih enak di lidah atau lebih mudah di sistem pencernaan mereka, menjadi rekomendasi makanan pertama untuk bayi yang sudah ketinggalan zaman,” kata Peternell.

Faktanya, penelitian menunjukkan preferensi makanan bayi sebenarnya dimulai sejak dalam kandungan. Bayi yang ibunya meminum jus wortel selama kehamilan dan saat menyusui memiliki lebih sedikit ekspresi negatif ketika mereka mulai makan wortel dibandingkan bayi yang tidak diberi jus wortel, demikian temuan sebuah penelitian di jurnal Pediatrics.

Amilase, Arsenik dan Alergi
“Kami mempelajari bahwa butiran dapat memiliki efek yang merugikan,” kata Peternell, seraya menambahkan bahwa amalyse, enzim yang memungkinkan bayi mencerna dan memecah butiran kompleks, tidak ada di kelenjar ludah mereka sampai gigi geraham mereka tumbuh.

“Bayi memiliki sistem pencernaan yang sangat belum matang, jadi ketika kita memperkenalkan sesuatu yang lebih berupa biji-bijian olahan, dibutuhkan lebih banyak energi dari sistem pencernaan untuk mencoba memecahnya dan juga mengekstrak nutrisinya,” katanya.

Seringkali ketika bayi mulai mengonsumsi jenis sereal gluten dan non-gluten, mereka mungkin mengalami sakit perut, sembelit, dan perubahan pola buang air besar.

“Mereka bahkan berpotensi mengembangkan beberapa intoleransi makanan karena usus mereka tidak siap menerima beberapa komponen protein dalam makanan tersebut,” katanya.

Lebih lanjut tentang ini…

Kekhawatiran lain mengenai pemberian nasi, terutama pada bayi, adalah tingginya kadar arsenik yang dikandungnya. Pada bulan April, FDA mengusulkan batas 100 bagian per miliar (ppb) untuk sereal beras bayi arsenik anorganik.

Meskipun gandum tidak boleh diberikan sebagai makanan pertama, gandum juga tidak boleh dihindari dan hanya diberikan setelah bayi Anda dapat mentoleransi makanan lain.

“Apa yang sebenarnya kami temukan adalah jika Anda benar-benar menghindari makanan tersebut, Anda mungkin mendorong anak Anda untuk mengembangkan alergi karena tubuh mereka tidak bersentuhan dengan alergen tersebut dan ketika hal tersebut terjadi, mereka benar-benar tidak tahu bagaimana cara mengatasinya,” kata Ansel.

Keanekaragaman adalah bumbu kehidupan
Meskipun bayi tidak membutuhkan biji-bijian, mereka harus mengonsumsi karbohidrat kompleks, kata Peternell, seraya menambahkan bahwa butternut squash, zucchini, dan ubi jalar adalah pilihan yang sangat baik.

Jika Anda khawatir dengan kandungan arsenik dalam beras, Anda tidak perlu menghindari nasi sama sekali.

“Yang tidak ingin Anda lakukan adalah sereal beras tiga kali sehari, setiap hari,” kata Ansel.

Jika Anda memilih untuk memberi makan bayi Anda biji-bijian, pilihlah varietas seperti oat, multigrain, barley, quinoa, dan millet.

Secara tradisional, makanan pertama di seluruh dunia adalah daging, yang memiliki tingkat fortifikasi zat besi dan seng yang sama dengan biji-bijian yang diperkaya, kata Porto, yang juga penulis “The Pediatrician’s Guide to Feeding Babies and Toddlers.”

Faktanya, bayi yang diberi ASI dan diberi daging bubur memiliki kadar zat besi dan seng yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang diberi sereal bayi yang diperkaya zat besi, menurut sebuah penelitian di Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition.

Jika Anda membesarkan bayi Anda sebagai seorang vegetarian, kuning telur juga merupakan pilihan yang baik. Meskipun kacang-kacangan kaya akan zat besi, kacang-kacangan bukanlah protein lengkap kecuali jika dikombinasikan dengan biji-bijian dan harus diberikan sesekali dan ketika bayi Anda sudah lebih besar, kata Peternell.

Jika Anda memutuskan untuk menawarkan biji-bijian dan ternyata biji-bijian tersebut menyebabkan sembelit pada bayi Anda, makanan seperti plum, plum, pir, persik, dan aprikot dapat membantu mengatasi hal ini.

Ingatlah juga bahwa apa pun jenis makanan yang Anda perkenalkan, Anda harus mulai menawarkan makanan pertama yang baru setiap tiga hingga lima hari.

“Yang terpenting adalah Anda ingin memberikan bayi Anda makanan padat yang bervariasi,” kata Ansel.

Data SGP