Bisakah sarapan membantu kita tetap kurus? Ilmu gizi itu sulit

Syukurlah para pembuat sereal telah mendorong keyakinan bahwa sarapan dapat membantu kita tetap ramping dan memberikan manfaat lain, salah satunya dengan membayar penelitian yang tampaknya mendukung gagasan tersebut.

Jadi, apakah ini berarti sarapan buruk bagi Anda? Juga bukan itu. Hal ini menunjukkan betapa sulitnya untuk memilah saran diet yang dapat diandalkan ketika penelitian didanai oleh pembuat Froot Loops, ilmu nutrisi seringkali tidak meyakinkan dan area abu-abu dapat dipintal untuk pemasaran.

Ambil contoh Special K. Pada tahun 1990an, K-box khusus Temuannya mencakup bahwa orang yang biasanya tidak sarapan pagi mengalami penurunan berat badan lebih banyak setelah mereka mulai sarapan.

“Itu adalah potongan yang mereka masukkan ke dalam kotak sereal,” kata David Schlundt, salah satu penulis penelitian terhadap sekitar 50 wanita. Tidak disebutkan di kotak tersebut: Orang yang rutin sarapan dan mulai melewatkan waktu makan mengalami penurunan berat badan lebih banyak lagi, dibandingkan dengan mereka yang tetap melakukan rutinitasnya.

Lebih lanjut tentang ini…

Ini tidak berarti bahwa sarapan khusus tidak dapat membantu sebagian orang mengendalikan nafsu makan, atau memiliki manfaat lain seperti energi. Ruang kerja Schlundt kecil. Namun hal ini menunjukkan betapa mudahnya menyederhanakan kompleksitas dan keterbatasan ilmu gizi dan mengambil temuan-temuan yang tepat.

Pemahaman kita tentang apa yang sehat dapat berkembang, sehingga pedoman diet diperbarui secara berkala untuk mencerminkan ilmu pengetahuan terkini. Rekomendasi bahwa sarapan dapat membantu pengendalian berat badan – yang dimasukkan pada tahun 2010 – tidak lagi ada dalam pedoman. Dalam pembaruan terakhirnya, pemerintah mengatakan pihaknya mengamati pola makan yang lebih luas.

Melihat beberapa penelitian tentang sarapan dan berat badan menggambarkan mengapa nasihat tentang sarapan sangat sulit.

KEUNGGULAN “TOPI PUTIH”.

Untuk menguji gagasan lama bahwa sarapan dapat mencegah penambahan berat badan, para peneliti pada tahun 2013 meninjau lusinan penelitian yang meneliti premis tersebut. Kesimpulan mereka: Pendapat populer melebihi bukti ilmiah.

Masalah utama yang mereka identifikasi adalah bahwa penelitian sering kali menggunakan bahasa yang menyesatkan untuk menyatakan bahwa sarapan mempengaruhi berat badan, meskipun temuan tersebut tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat. Seperti kebanyakan penelitian nutrisi, penelitian ini menarik hubungan antara karakteristik fisik dan apa yang orang katakan tentang apa yang mereka makan.

“Ini kembali ke gagasan bahwa korelasi tidak sama dengan sebab akibat,” kata Andrew Brown, salah satu peneliti yang melakukan analisis. Brown, seorang ilmuwan nutrisi di Universitas Alabama di Birmingham, mencatat bahwa mungkin saja orang yang bertubuh gemuk melewatkan sarapan dengan harapan bisa menurunkan berat badan.

Ketika mengutip penelitian sebelumnya, para ilmuwan juga cenderung salah mengartikan hasil yang tidak meyakinkan dan lebih memilih sarapan. Brown menyebut hal ini sebagai bias “topi putih”, karena orang terus-menerus diberi tahu bahwa sarapan adalah “makanan terpenting dalam sehari”.

Brown juga mencatat bahwa “sarapan” dapat terdiri dari berbagai kemungkinan, apakah itu pizza dingin, yogurt, atau sandwich telur.

Segala jenis ide diet bisa saja dipertanyakan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu mengatakan bahwa ilmu pengetahuan di balik rekomendasi untuk membatasi gula masih lemah. Penelitian tersebut menuai kritik dari para pendukung kesehatan karena didanai oleh kelompok industri yang mencakup Coke dan Hershey – namun studi tersebut menyoroti kerentanan rekomendasi makanan.

Timothy Caulfield, pakar hukum dan kebijakan kesehatan di Universitas Alberta, mengatakan ilmu gizi sering kali disertai dengan ketidakpastian dan tidak boleh diabaikan hanya karena tidak memberikan bukti yang sederhana. Dia mengatakan para ahli kesehatan memberikan saran mengenai penelitian terbaik yang ada, namun perlu ada pemahaman yang lebih baik mengenai keterbatasannya.

Terkait sarapan dan berat badan, Caulfield mengatakan tidak ada ayunan pendulum dalam data, hanya saja buktinya tidak sekuat yang diyakini sebelumnya.

“TIDAK BAIK, TIDAK BAIK”

Pengungkapan mengenai siapa yang membiayai penelitian ini baru menjadi hal yang lumrah dalam beberapa tahun terakhir, sehingga tidak jelas berapa banyak literatur mengenai sarapan dan berat badan dalam beberapa dekade terakhir yang didanai oleh pembuat makanan sarapan. Misalnya, studi tahun 1992 yang muncul di Special K-Boxes tidak menyebutkan sumber pendanaannya. Schlundt mengatakan kepada AP bahwa Kellogg membayarnya.

“Hanya ide-ide yang mereka anggap menguntungkan yang akan mendapatkan uang,” kata Schlundt, seorang profesor di Vanderbilt, tentang penelitian yang didanai industri.

Bahkan ketika pendanaan diungkapkan, orang mungkin tidak menyadari bahwa tidak semua penelitian memiliki arti yang signifikan.

“Makalahnya tidak bagus, tidak bagus = Ada masalah struktural besar yang tidak dapat diperbaiki,” profesor Universitas Negeri Louisiana, Carol O’Neil, menulis kepada rekan penulisnya pada tahun 2011 tentang penelitian yang didanai Kellogg, menurut email yang diperoleh melalui permintaan catatan.

O’Neil dan rekan penulisnya ingin menarik makalah tersebut dari penyerahannya, namun merasa mereka tidak bisa karena Kellogg mengharapkan makalah tersebut diterbitkan. Ketika surat kabar itu terus-menerus kembali dengan catatan, O’Neil mengatakan dia tidak melihat jalan keluar dari masalah tersebut.

“Tapi izinkan saya melihat komentarnya lagi dan melihat apakah ada kata cerdas yang bisa kami tawarkan,” tulisnya.

Makalah ini tidak menemukan hubungan antara konsumsi sereal di antara anak-anak Meksiko-Amerika dan berat badan yang lebih baik, namun menemukan hubungan antara sereal dan asupan nutrisi yang lebih tinggi. Akhirnya diterbitkan pada tahun 2013, kesimpulannya adalah bahwa sarapan bergizi – termasuk sarapan dengan sereal – harus dianjurkan.

O’Neil tidak menanggapi permintaan komentar. Kellogg mengaku belum bisa mengomentari kajian dan penelitian Schlundt tersebut karena sudah dilakukan sejak lama. General Mills, yang mendanai penelitian tentang sarapan, sereal, dan berat badan, menolak berkomentar.

Studi lain yang didanai Kellogg tahun lalu menemukan bahwa konsumsi sarapan tidak secara konsisten dikaitkan dengan perbedaan berat badan di antara orang dewasa Kanada. Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi sereal memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi jenis sarapan lainnya, meskipun hasilnya berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Yoni Freedhoff, pakar obesitas di Universitas Ottawa, mengatakan banyak pasiennya mendapati sarapan kaya protein membantu mengendalikan nafsu makan mereka. Namun, dia mencatat bahwa penelitian sarapan sering kali didanai oleh pembuat sereal, dan secara khusus mengamati sereal.

Studi-studi tersebut dapat membantu membentuk kebijakan. Dalam pedomannya tahun 2010, pemerintah AS menyebutkan sarapan sebagai salah satu cara untuk mengatur berat badan. Dari 15 penelitian terhadap anak-anak yang dikutip untuk mendukung rekomendasi tersebut, lima penelitian terdaftar didanai oleh General Mills atau Kellogg, dan tiga penelitian secara khusus meneliti sereal.

Namun, dengan pembaruan pada tahun 2015, pemerintah memutuskan untuk melihat “kombinasi dari apa yang Anda makan dan minum dari waktu ke waktu,” menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Karena itu, pihaknya tidak lagi merekomendasikan sarapan untuk menurunkan berat badan.

link slot demo