Daging yang digoreng dan diasap dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker payudara
Wanita yang makan banyak daging panggang, diasap, dan digoreng kemudian menderita kanker payudara, kemungkinan besar meninggal karena kanker dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit makanan tersebut, menurut sebuah penelitian di AS.
Studi tersebut menemukan bahwa asupan daging goreng, asap, atau panggang yang lebih tinggi sebelum diagnosis juga dikaitkan dengan kemungkinan kematian akibat semua penyebab sebesar 23 persen lebih tinggi.
Dari ketiga pilihan memasak, merokok mungkin yang terburuk. Mengonsumsi daging sapi, domba, dan babi asap secara teratur dikaitkan dengan risiko kematian akibat segala sebab sebesar 17 persen lebih tinggi dan kemungkinan kematian akibat kanker payudara sebesar 23 persen lebih tinggi.
Lebih lanjut tentang ini…
“Ada banyak karsinogen yang ditemukan dalam daging panggang atau daging asap,” kata penulis utama studi Humberto Parada, seorang peneliti di University of North Carolina di Chapel Hill. “Salah satu yang paling umum adalah hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), yang terbentuk selama pembakaran bahan organik.”
Perempuan dapat terpapar karsinogen ini melalui asap rokok atau polusi udara, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker payudara, kata Parada melalui email. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan bahan kimia ini melalui daging panggang atau asap dapat meningkatkan risiko kanker payudara, namun penelitian saat ini memberikan beberapa bukti pertama yang menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut juga mempengaruhi kelangsungan hidup.
“Menggoreng atau mengasapi daging menghasilkan PAH jauh lebih mudah dibandingkan metode memasak lainnya, seperti menggoreng,” kata Parada. “Beberapa faktor dapat mempengaruhi pembentukan PAH, termasuk ‘kematangan’ dan jenis daging – kandungan lemak yang lebih tinggi dapat menyebabkan pembentukan PAH lebih banyak.”
Untuk penelitian saat ini, para peneliti mewawancarai 1.508 wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara tentang kebiasaan makan mereka pada tahun 1996 atau 1997 dan kemudian mewawancarai kembali mereka lima tahun kemudian.
Setelah separuh perempuan dipantau setidaknya selama 17,6 tahun, terdapat 597 kematian, termasuk 237 kematian akibat kanker payudara.
Dibandingkan dengan wanita yang secara konsisten hanya mengonsumsi sedikit daging panggang, goreng, atau daging asap, wanita yang mengonsumsi banyak makanan ini sebelum dan sesudah diagnosis memiliki kemungkinan 31 persen lebih besar untuk meninggal selama masa penelitian, para peneliti melaporkan dalam Journal of National Cancer Institute.
Wanita yang memasukkan unggas dan ikan ke dalam makanan mereka sebelum atau sesudah diagnosis kanker payudara memiliki kemungkinan 45 persen lebih kecil untuk meninggal selama penelitian dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi makanan tersebut.
Tingkat lemak jenuh yang lebih rendah pada ayam dan ikan dibandingkan dengan daging merah mungkin membantu menjelaskan hal ini, kata Dr. Pagona Lagiou, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Athena di Yunani yang tidak terlibat dalam penelitian ini, melalui email.
Ada kemungkinan juga bahwa ayam dan ikan memiliki efek perlindungan karena perempuan makan lebih sedikit daging merah, kata Carrie Daniel-MacDougall, peneliti di Pusat Kanker MD Anderson Universitas Texas di Houston yang tidak terlibat dalam penelitian ini.
“Meningkatkan asupan ikan atau unggas saja, tanpa mengurangi asupan daging merah, kemungkinan besar akan kurang bermanfaat dalam pencegahan kanker,” tambah Daniel-MacDougall melalui email.
Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah penelitian ini mengandalkan perempuan untuk melaporkan seberapa sering mereka makan makanan yang berbeda dan tidak menilai ukuran porsi atau berapa kali mereka makan daging setiap minggunya, catat para penulis. Penelitian tersebut juga bukan merupakan eksperimen, sehingga tidak dapat membuktikan bahwa berbagai jenis daging mempunyai pengaruh terhadap peluang kelangsungan hidup penderita kanker payudara.
Namun, temuan ini menunjukkan bahwa perempuan harus memperhatikan cara mereka memasak makanan untuk mengurangi paparan bahan kimia penyebab kanker, kata Dr. Mingyang Song, peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston dan Universitas Harvard yang tidak terlibat dalam penelitian ini.
“Bahan kimia ini dapat dihasilkan dari asap kayu atau ketika lemak dan cairan dari daging yang dipanggang langsung di atas api terbuka menetes ke api, sehingga menimbulkan api dan asap,” kata Song melalui email. “Secara umum, semakin berlemak dagingnya, semakin tinggi kadar kimianya.”