Memberikan makanan berbahan kacang pada bayi sejak dini dapat mencegah alergi

Memberikan makanan berbahan kacang pada bayi sejak dini dapat mencegah alergi

Kebanyakan bayi harus mulai makan makanan yang mengandung kacang jauh sebelum ulang tahun pertama mereka, menurut pedoman yang dirilis Kamis yang bertujuan melindungi anak-anak dan anak-anak yang berisiko tinggi agar tidak terkena alergi makanan berbahaya.

Pedoman baru dari National Institutes of Health menandai perubahan dalam saran diet, berdasarkan penelitian penting yang menemukan bahwa paparan dini secara dramatis menurunkan kemungkinan bayi terkena alergi.

Rekomendasi tersebut menjelaskan dengan tepat bagaimana memperkenalkan bayi pada makanan berbahan kacang dan kapan – bagi sebagian orang, sejak usia 4 hingga 6 bulan – tergantung pada apakah mereka berisiko tinggi, sedang, atau rendah terkena salah satu alergi makanan yang paling mengganggu.

“Kami berharap dapat mencegah sejumlah besar kasus alergi kacang,” kata Dr. Matthew Greenhawt dari American College of Allergy, Asthma and Immunology, anggota panel yang ditunjuk NIH dan menulis pedoman tersebut.

Bayi yang berisiko tinggi—karena mereka menderita ruam kulit, eksim, atau alergi telur yang parah—membutuhkan pemeriksaan sebelum terpapar kacang, dan mungkin akan merasakannya pertama kali di ruang praktek dokter.

Untuk anak kecil lainnya, sebagian besar orang tua dapat mulai menambahkan makanan yang mengandung kacang ke dalam menu makanannya, sama seperti mereka telah memperkenalkan oat atau kacang polong lembek.

Tidak, bayi tidak diberi kacang utuh atau selai kacang dalam jumlah besar – itu bisa menimbulkan bahaya tersedak. Sebaliknya, pedoman tersebut mencakup pilihan seperti selai kacang encer atau camilan “puff” rasa kacang yang mudah dilem.

“Ini adalah langkah maju yang penting,” kata dr. Anthony Fauci, direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional NIH, yang mempekerjakan para ahli untuk menerjemahkan temuan penelitian ke dalam pedoman yang mudah digunakan. “Jika Anda membuat mereka tidak peka sejak usia dini, Anda akan mendapatkan efek yang sangat positif.”

Lebih lanjut tentang ini…

Alergi kacang tanah merupakan masalah yang terus berkembang, mempengaruhi sekitar 2 persen anak-anak Amerika yang harus menghindari berbagai macam makanan yang mengandung kacang tanah atau berisiko mengalami reaksi serius, bahkan mengancam jiwa.

Selama bertahun-tahun, dokter anak telah menyarankan untuk menghindari kacang tanah sampai usia 3 tahun untuk anak-anak yang dianggap berisiko. Namun penundaan tersebut tidak membantu, dan rekomendasi tersebut dibatalkan pada tahun 2008 – meskipun kewaspadaan terhadap kacang tanah tetap ada.

“Ini adalah berita lama, berita lama yang salah, untuk ditunggu,” kata Dr. Scott Sicherer, yang mewakili American Academy of Pediatrics pada panel pedoman.

Pedoman yang dikeluarkan pada hari Kamis memperjelas hal tersebut, dan mendesak orang tua dan dokter untuk secara proaktif memperkenalkan makanan berbahan dasar kacang sejak dini.

“Hanya karena paman, bibi, dan saudara kandung Anda memiliki alergi, maka hal tersebut menjadi alasan yang lebih besar untuk memberikan bayi Anda makanan sekarang” – meskipun usia mereka sudah lebih dari 6 bulan, tambah Sicherer, ahli alergi anak di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Di Columbus, Ohio, seorang dokter menyuruh Carrie Stevenson untuk menghindari kacang setelah putrinya didiagnosis menderita alergi telur. Kemudian Stevenson menemui seorang spesialis alergi yang bersikeras bahwa itu adalah nasihat yang salah – dan menawari bayi Estelle tes rasa selai kacang di kantornya ketika dia berusia 7 bulan.

“Saya sangat gugup,” kenang Stevenson, tidak yakin dokter mana yang harus dipercaya. Namun, “kami tidak ingin dia memiliki alergi lagi.”

Kini berusia 18 bulan, Estelle telah makan selai kacang atau puff rasa kacang setidaknya tiga kali seminggu sejak saat itu dan sejauh ini tampak sehat. Stevenson, yang hamil lagi, juga merencanakan paparan dini untuk anak berikutnya.

Pedoman tersebut merekomendasikan:

-Semua bayi harus mencoba makanan padat lainnya sebelum memasukkan kacang tanah, untuk memastikan mereka siap secara perkembangan.

-Bayi berisiko tinggi sebaiknya diperkenalkan dengan makanan yang mengandung kacang tanah sedini 4 hingga 6 bulan setelah pemeriksaan untuk menentukan apakah mereka sebaiknya mencicipinya pertama kali di ruang praktik dokter, atau bolehkah mencobanya di rumah dengan orang tua mengawasi reaksi apa pun.

-Bayi dengan risiko sedang mengalami eksim yang lebih ringan, yang biasanya diobati dengan krim yang dijual bebas. Mereka harus memulai makanan berbahan dasar kacang di rumah sekitar usia 6 bulan.

Sebagian besar bayi memiliki risiko rendah, dan orang tua dapat memperkenalkan makanan berbahan dasar kacang tanah bersama dengan makanan padat lainnya, biasanya sekitar usia 6 bulan.

-Membangun toleransi memerlukan menjadikan makanan berbahan dasar kacang sebagai bagian dari pola makan rutin, sekitar tiga kali seminggu.

Apa buktinya? Pertama, para peneliti mencatat tingkat alergi kacang 10 kali lipat lebih tinggi di kalangan anak-anak Yahudi di Inggris, yang tidak diberi produk kacang selama masa bayi, dibandingkan dengan anak-anak di Israel yang makanan berbahan dasar kacang sudah umum sejak usia 7 bulan.

Kemudian, pada tahun 2015, sebuah penelitian yang didanai NIH terhadap 600 bayi menguji teori tersebut, dan menginstruksikan mereka untuk menghindari atau secara teratur mengonsumsi produk kacang yang sesuai dengan usianya. Pada usia 5 tahun, hanya 2 persen pemakan kacang—dan 11 persen dari mereka yang berisiko paling tinggi—menjadi alergi. Di antara orang-orang yang menghindari kacang, 14 persen menjadi alergi, dan 35 persen di antaranya berisiko paling tinggi.

Apakah perubahan pola makan akan mendorong penurunan alergi kacang di Amerika tergantung pada seberapa banyak orang tua yang mengindahkan saran baru tersebut – dan jika orang tua tampak skeptis, pedoman tersebut mendesak dokter untuk menindaklanjutinya.

slot online gratis