Suplemen antioksidan dapat mempercepat penyebaran melanoma
Tampilan jarak dekat dari kanker kulit karsinoma sel basal. (saham)
Antioksidan sering disebut-sebut memiliki potensi kemampuan melawan kanker, namun kini para peneliti mengatakan senyawa tersebut sebenarnya dapat mempercepat penyebaran melanoma kanker kulit yang berpotensi mematikan, menurut sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus dan sel kanker manusia yang dikultur.
Antioksidan merupakan senyawa dalam makanan dan pil suplemen yang dapat mencegah oksidasi yang dapat merusak sel. Senyawa ini banyak dikonsumsi baik oleh orang sehat maupun penderita kanker karena kemampuannya mencegah dan melawan kanker, kata para peneliti.
Namun penelitian tentang manfaat anti kanker antioksidan telah menghasilkan hasil yang beragamdengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi antioksidan sebenarnya dapat meningkatkan risiko kanker, kata mereka.
Dalam studi baru, para peneliti menemukan bahwa tikus yang menderita melanoma dan diberi suplemen antioksidan yang disebut N-acetylcysteine (NAC) selama sekitar 80 hari memiliki dua kali lipat jumlah tumor yang menyebar ke kelenjar getah beningnya, dibandingkan dengan tikus yang menderita melanoma tetapi tidak diberi antioksidan.
Selain itu, para peneliti menemukan bahwa sel melanoma manusia yang tumbuh di piring laboratorium yang terkena NAC dan vitamin E, antioksidan lain, menunjukkan tanda-tanda lebih mampu menyerang jaringan atau menyebar ke bagian tubuh lain dibandingkan sel yang tidak terkena antioksidan tersebut. (10 makanan teratas yang melawan kanker)
Berdasarkan hasil baru, “tidaklah berlebihan untuk menyatakan bahwa antioksidan dapat meningkatkan (penyebaran kanker) pada pasien melanoma,” kata penulis studi Martin Bergo, dari Universitas Gothenburg di Swedia.
Selain itu, belum ada bukti bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan akan bermanfaat bagi penderita melanoma, ujarnya. “Oleh karena itu, kami merekomendasikan orang yang didiagnosis menderita melanoma maligna untuk menghindari suplemen antioksidan,” kata Bergo kepada Live Science.
Perubahan pada tumor melanoma tikus yang diamati para peneliti dalam penelitian ini sangat besar, kata Ekaterina Dadachova, seorang profesor radiologi di Albert Einstein College of Medicine di New York, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.
Namun, Dr. Vadim Gushchin, ahli onkologi di Mercy Medical Center di Baltimore, mencatat bahwa hasil tersebut masih awal, dan mengatakan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menguji hubungan antara peningkatan penyebaran melanoma dan penggunaan suplemen antioksidan.
Namun, kata Gushchin, studi baru ini “memberi tahu saya bahwa narasi bahwa hal-hal tertentu pasti baik untuk Anda, dan hal-hal tertentu baik tanpa syarat, tanpa efek samping – itu mungkin narasi yang salah.”
Penelitian ini adalah salah satu dari beberapa penelitian yang diterbitkan dalam beberapa tahun terakhir yang “menimbulkan kontroversi mengenai penggunaannya antioksidan pada pasien kanker,” kata Dadachova kepada Live Science.
Di satu sisi, “antioksidan sering kali diberikan kepada pasien kanker memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka“katanya. riset juga menunjukkan bahwa penggunaan antioksidan selama terapi antikanker seperti kemoterapi justru dapat membuat terapi tersebut menjadi kurang efektif. Itu karena tujuan dari terapi ini adalah untuk menghasilkan molekul yang disebut spesies oksigen reaktif, yang merupakan senyawa yang dirancang untuk dilawan oleh antioksidan, kata Dadachova.
Apalagi penulis penelitian baru sebelumnya ditemukan bahwa penggunaan antioksidan tampaknya meningkatkan pertumbuhan sel kanker paru-paru manusia di piring laboratorium, serta pertumbuhan tumor paru-paru pada tikus.
Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan sebenarnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker tertentu pada orang sehat. Misalnya saja dalam satu belajar Dari 36.000 pria paruh baya yang sehat, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi vitamin E selama beberapa tahun dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat sebesar 17 persen pada pria.
Namun, penting untuk dicatat bahwa para peneliti dalam semua penelitian ini mengamati antioksidan dalam bentuk suplemen.
Suplemen biasanya mengandung antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan makanan alami, kata Dadachova. “Seseorang harus mengonsumsi beberapa pon makanan yang mengandung vitamin E untuk mencapai tingkat yang ada dalam satu tablet suplemen,” katanya. Mengonsumsi antioksidan dari makanan alami itu aman, tambahnya.
Faktanya, Dadachova merekomendasikan agar pasien kanker tetap mengonsumsi makanan alami yang mengandung berbagai vitamin, banyak di antaranya merupakan antioksidan alami, namun mereka tidak boleh mengonsumsi suplemen antioksidan, setidaknya tidak dalam jumlah besar, katanya.
Studi baru ini dipublikasikan hari ini (7 Oktober) di jurnal Science Translational Medicine.
Hak Cipta 2015 Ilmu HidupSebuah perusahaan pembelian. Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang.